Memanfaatkan Media Sosial yang Bertanggung Jawab
KATA PENGANTAR
Assalamu alaikum Warahmatullahi
Wabarakatuh,
Tiada kata yang paling indah selain mengucap puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan
rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah ini dengan
sedemikian rupa.
Maksud
saya dari penulisan makalah yang berjudul “Memanfaatkan Media Sosial yang
Bertanggung Jawab” ini diantaranya adalah untuk meyadarkan kita semua akan
pentingnya menjaga etika dalam bermedia sosial. Selain itu, kita dapat memanfaatkan media sosial
seperlunya secara baik dan benar.
Saya
berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita. Saya sadar bahwa
makalah ini belum sempurna, baik dari isi, bentuk, tulisan, teknik penyajian
dan lainnya. Untuk itu kritik dan saran sangatlah saya perlukan dalam
pelengkapan makalah ini.
Wassalamu alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh.
DAFTAR ISI
·
Kata Pengantar
·
Daftar Isi
·
Pendahuluan
-
Latar Belakang Masalah
-
Perumusan Masalah
-
Tujuan dan Manfaat
·
Pembahasan
-
Uraian Berkaiatan
Masalah
-
Faktor Pendorong dan
Penghambat
-
Gagasan untuk Menyelesaikan
Masalah
·
Penutup
-
Simpulan
-
Saran
PENDAHULUAN
I. Latar Belakang Masalah
Kemajuan teknologi informasi era globalisasi membuat banyak perubahan. Tidak dapat dipungkirri bahwa globalisasi baik secara langsung maupun tidak langsung memberikan dampak positif dan dampak negatif.
Dampak positif globalisasi diantaranya adalah semakin canggihnya alat komunikasi dan informasi, mudahnya memperoleh ilmu pengetahuan, lebih praktis dalam berbelanja, dan sebagainya.
Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa globalisasi juga memberikan dampak negatif. Dampak negatif tersebut diantaranya adalah memudarnya tali silaturrahmi, melemahnya budaya tradisional, hilangnya semangat nasionalisme dan patriotisme, serta makin maraknya media sosial.
Salah satu dampak negatif globalisasi adalah makin maraknya media sosial. Masyarakat Indonesia umumnya telah mengenal media sosial dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Media sosial beragam bentuknya, mulai dari facebook, instagram, twitter, whatsapp, bbm, dan masih banyak lagi.
Tidak dipungkiri bahwa media sosial merupakan faktor utama dalam kehidupan masyarakat Indonesia, terutama bagi kalangan remaja. Remaja yang tidak memiliki media sosial diantaranya akan merasa malu karena hanya dirinya yang tidak punya media sosial. Sementara itu, ada beberapa remaja yang menggunakan media sosial hanya untuk pamer atau menyombngkan diri.
Masih ada diantara kita, baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua yang tidak bertanggung jawab terhadap media sosial yang pada akhirnya memberikan dampak negatif pada dirinya sendiri. Kita boleh saja menggunakan media sosial asalkan kita dapat bertanggung jawab.Oleh karena itu, kita seharusnya memanfaatkannya secara benar dan seharusnya.
II. Perumusan Masalah
A. Pengertian
media sosial
B. Perkembangan
media sosial
C. Contoh
media sosial
D. Manfaat
media sosial
E. Dampak
negatif media sosial
F.
Cara
menanggulangi dampak negatif media sosial
G. Etika
dalam bersosial media
III. Tujuan dan Manfaat
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk menyadarkan kita supaya bertanggung jawab terhadap media sosial yang kita miliki dan menggunakannya secara benar untuk kegiatan-kegiatan positif.
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk menyadarkan kita supaya bertanggung jawab terhadap media sosial yang kita miliki dan menggunakannya secara benar untuk kegiatan-kegiatan positif.
Dan maksud dari penulisan ini adalah, seperti
1.
Untuk
menambah wawasan mengenai media sosial
2. Kita
dapat mengetahui bagaimana etika dalam bermedia sosial
3. Menyadarkan
kita untuk lebih bertanggung jawab terhadap media sosial
PEMBAHASAN
I. Uraian Berkaitan
Masalah
A. Pengertian
Media Sosial
Media
sosial merupakan sebuah media online yang
memudahkan kita untuk berkomunikasi satu sama lainnya tanpa harus bertemu
langsung. Media sosial
sangatlah mendukung dalam proses pembelajaran, khusunya bagi para pelajar.
Antara pelajar yang satu dengan lainnya dapat saling berbagi ilmu pengetahuan
dan bertanya pada yang lainnya apabila sedang kesulitan dalam memecahkan
masalah.
Menurut
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, media sosial
merupakan sebagai sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di
atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan
pertukaran “user-generated content”.
B. Perkembangan
Media Sosial
Perkembangan media sosial sangatlah
pesat. Perkembangan tersebut tidak hanya terjadi pada negara-negara maju saja,
tetapi di negara berkembang seperti Indonesia pun banyak yang telah menggunakan
media sosial dalam berkomunikasi dan berinteraksi.
Awal
mula terbentuknya media sosial terjadi pada tahun 1978 dari penemuan sistem
papan buletin, yang dapat mempermudah kita untuk mengunggah, atau mengunduh
informasi. Tahun 1995 terbentuklah situs GeoCities
yang melayani Hosting (layanan penyewaan penyimpanan data-data website agar
halaman website tersebut dapat diakses dari mana saja. Tahun 1997 muncul situs
jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com. Tahun 1999 muncul situs untuk
membuat blog pribadi, yaitu blogger yang menawarkan penggunanya untuk bisa
membuat halaman situsnya sendiri. Tahun
2002 adalah tahun berdirinya Friendster yang saat itu menjadi sebuah media
sosial yang fenomenal. Tahun 2003, yaitu tahun berdirinya MySpace yang
menawarkan kemudahan dalam menggunakannya. Kemudian pada tahun 2004 lahirnya
Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal sampai saat ini yang memiliki
anggota terbanyak. Pada tahun 2006, muncullah Twitter yang hanya bisa
mengupdate status (tweet) yang hanya dibatasi 140 karakter. Kemudian pada tahun 2007 lahirlah Wiser yang bertepatan
dengan hari bumi, 22 April 2007.
C. Contoh
media sosial
(1) Facebook
(2) Twitter
(3) Instagram
(4) WhatsApp
(5) BBM (BlackBerry Messenger)
(6) Path
(7) Ask.fm
(8) Line
(9) We Chat
(10) Quora
(1) Facebook
(2) Twitter
(3) Instagram
(4) WhatsApp
(5) BBM (BlackBerry Messenger)
(6) Path
(7) Ask.fm
(8) Line
(9) We Chat
(10) Quora
D. Manfaat
media sosial
1. Mempermudah
Menyampaikan Informasi.
2. Mempermudah
berkomunikasi walaupun dari jarak jauh.
3. Sebagai
sarana untuk promosi barang.
4. Media
pertukaran data
5. Menambah
teman.
Media sosial dimanfaatkan sebagai tempat
untuk mengenal orang baru dan membuat sebuah komunitas tertentu sehingga kita
dapat menganal orang lain di berbagai daerah tanpa harus bertemu.
6. Mendapat
hiburan
Salah
satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi rasa jenuh, stress, sedih adalah
dengan berkunjung ke media sosial untuk mendapatkan hiburan. Dengan demikian,
perasaan seperti itu akan berkurang.
E. Dampak
negatif media sosial
Selain bermanfaat, media sosial pun memiliki beberapa dampak atau pengaruh negatif. Berikut ini adalah dampak negatif media sosial, seperti :
1. Menurunnya
prestasi bagi pelajar.
2. Berkurangnya
perhatian terhadap keluarga.
3. Membuat
kecanduan bagi para pengguna karena sangat sulit untuk berpisah dari media
sosial yang memuat banyak informasi.
4. Melupakan
waktu, baik waktu belajar, membantu orang tua, dan lain-lainnnya.
5. Menimbulkan
kemalasan, baik itu dalam belajar maupun hal lainnya.
6. Mengganggu
kesehatan fisik seperti sakit mata.
7. Kurangnya
kepedulian terhadap orang lain.
8. Tertanamnya
budaya asing yang kurang baik seperti berpakaian ketat, membuka aurat, berkata
kasar dan tidak sopan, dan lain-lain.
F.
Cara menanggulangi
dampak negatif media sosial
Cara
menanggulangi dampak atau pengaruh negatif dari media sosial diantaranya adalah
:
1.
Bertanggung
jawab terhadap media sosial yang kita punya
2.
Menggunakan
media sosial dengan tujuan yang positif
3. Tidak
berlebihan dalam bermedia sosial
4.
Selalu
ingat waktu untuk belajar, membantu orang tua, dan sebagainya
5. Dapat
menyaring budaya-budaya asing yang tidak baik maupun yang kurang baik.
6.
Tidak lama-lama
dalam bermedia sosial.
7. Membatasi
waktu penggunaan media sosial
G. Etika
dalam bermedia sosial
o
Tidak menggunakan kata-kata kasar
o
Gunakanlah kata-kata yang sopan saat
bermedia sosial
o
Tidak mengunggah foto yang tidak baik
dan sopan seperti saat membuka aurat
o
Tidak menyinggung perasaan orang lain
o Tidak mengandung SARA (suku, agama, dan ras)
o
Membiasakan mencantumkan sumber tulisan
o
Tidak berisi pornografi
II.
Faktor Pendorong dan
Penghambat
- Faktor
Pendorong Penggunaan Media Sosial
1. Keperluan
yang mendesak
2. Ingin
memperluas pertemanan
3. Keinginan
berkomunikasi dengan orang lain
4. Dapat
mempermudah pekerjaan
- Faktor
Penghambat Penggunaan Media
Sosial
1. Kurangnya
pergaulan dengan masyarakat
2. Lambatnya
perkembangan ilmu pengetahuan
3. Berprasangka
negatif terhadap hal-hal yang baru
4. Rendahnya
pendidikan
5. Takut
memulai hal yang baru
III.
Gagasan untuk
Menyelesaikan Masalah
Untuk
menyelesaikan masalah mengenai media sosial, maka hal yang harus kita lakukan
adalah :
a) Bertanggung
jawab terhadap media sosial yang kita miliki,
b) Menghindari
hal-hal yang tidak baik seperti pornografi..
c) Membatasi
waktu dalam bermedia sosial sesuai jadwal.
d) Pandai
dalam memilah-milah budaya asing yang kurang baik.
e) Memanfaatkan
media sosial untuk kegiatan-kegiatan yang postif dan bermanfaat.
PENUTUP
I.
Simpulan
Media
sosial tidak dapat terlepas dari kehidupan sehari-hari. Media sosial bahkan
bisa mengubah cara hidup kita sehingga dapat dikatakan bahwa media sosial
menjadi sebuah media penting dalam masyarakat. Media sosial memiliki banyak
manfaat. Akan tetapi, media sosial tentunya juga memiliki dampak negatif, baik
bagi diri sendiri maupun orang lain.
Dalam media sosial, kita dapat menemukan berbagai informasi dari yang
lama hingga yang sedang terpopuler. Media sosial sangatlah penting dalam
kehidupan kita sehari-hari. Untuk itu, sudah sepatutnya kita menjaga etika kita
dalam bermedia sosial.
Media
sosial akan bermanfaat bagi kita dan orang lain apabila kita menggunakannya
secara benar, bijak, dan untuk kegiatan-kegiatan positif. Sebaliknya, media
sosial akan berdampak buruk bagi kita apabila kita tidak bertanggung jawab dan
menggunaknnya untuk kegiatan yang negatif dan tidak bermanfaat.
II.
Saran
Media
sosial selain memiliki dampak positif tentunya juga memiliki dampak negatif.
Dalam pemakaian media sosial, kita harus pintar-pintar dan selektif agar kita
tidak terjerat masalah apapun. Selain itu, agar kita juga tidak mudah tergoda dengan
situs-situs yang menggiurkan. Sebaiknya, apabila kita bermedia sosial, sudah
sepatutnya kita tidak melakukan hal-hal yang berbentuk kriminalisme dan jangan
langsung percaya pada berita yang belum tentu kebenarannya.Untuk itu, kita
sebaiknya menjaga etika dan memanfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya
dengan bertanggung jawab.
Kita
seharusnya mengikuti aturan-aturan yang berlaku dalam bermedia sosial. Selain
memperluas pertemanan, kita sebagai pelajar dapat memanfaatkannya seperti
memanfaatkan facebook untuk metode pembelajaran online. Kita
juga dapat memanfaatkan facebook untuk media penyimpanan data.
Sumber
http://ayuamelia12.blogspot.com/2015/04/makalah-media-sosial.html?m=1
http://pitulas7.blogspot.com/2016/02/makalah-dampak-positif-dan-negatif.html?m=1
Author : Ulfah Nur Azizah
SMA Negeri 1 Purworejo
Bang kalo prameks yang berangkat jam 6 pagi, untuk go shownya jam 4 sudah bisa ?
BalasHapusKalau bulan Juli 2018 kemarin, untuk jadwal keberangkatan KA Prameks ke arah *barat* dari stasiun Tugu Yogyakarta mulai pukul 04.30 WIB; 06.24 WIB; 13.32 WIB; dan 17.24 WIB. Tapi kalau untuk bulan/tahun ini saya kurang tahu
HapusPenguji ..... jayachandra fadhlan
BalasHapusNegara ...... Indonesia
W / S ......... + 62 821-3272-6591
Facebook ..... jayachandra fadhlan
email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)
Nama saya jayachandra fadhlan,
dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta tetap saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.
Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
W / S .......... + 1 (585) -708-3478
Facebook .... Elena karina Roland
email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)
Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.
BalasHapusBeberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)
Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.
Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)