Resensi Buku The Lost Hero karya Rick Riordan


Petualangan Tiga dari Tujuh Demigod
dalam Menyelamatkan Olympus

https://ebooks.gramedia.com

Novel The Lost Hero merupakan novel karangan Rick Riordan yang diterbitkan oleh Disney Hyperion Books, New York. Novel yang bergenre petualangan yang penuh dengan aksi heroik dan cerita roman ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Reni Indardini yang telah mendapatkan hak penerjemahan pada Penerbit Noura Books. Novel fantasi ini diterbitkan oleh Mizan Fantasi dengan cetakan pertama tahun 2012 hingga cetakan kedelapan tahun 2014. Novel ini memiliki ketebalan 586 halaman dengan 56 bab dan telah memenangi beberapa penghargaan di antaranya #1 New York Times Bestseller.
            
Richard Russel Rick Riordan, Jr., penulis novel The Lost Hero, lahir di San Antonio, Texas, 5 Juni 1964. Dia adalah penulis lima seri Percy Jackson and the Olympians. Dia lulus dari Universitas Texas di Austin pada 1986. Saat ini, lebih dari 20 juta eksemplar karyanya telah terjual di Amerika Serikat dan diterbitkan di lebih dari 35 negara di dunia.
            
Novel The Lost Hero menceritakan petualangan tiga dari tujuh demigod (orang setengah dewa setengah manusia) untuk menjalankan misinya dalam menyelamatkan Hera, Ratu para dewi di Olympus, sebelum kebangkitan Porphyrion saat titik balik musim dingin. Tiga demigod itu adalah Jason–putra Zeus (dewa langit), Leo–putra Hephaestus (dewa api, kerajinan, dan pelindung pandai besi), dan Piper–putri Aphrodite (dewi cinta dan kecantikan). Petualangan mereka dipimpin oleh Jason, anak yang diambil ingatannya oleh Hera. Ketiga demigod tersebut masing-masing mempunyai kelebihan. Jason mempunyai kekuatan mendatangkan petir, menyeimbangkan angin, dan kemampuan berbahasa latin. Leo mempunyai kemampuan di mekanisme perlatan dan mempunyai kekuatan api. Piper mempunyai kemampuan charmspeak yang luar biasa. Dalam misi itu, mereka harus berhadapan dengan Cyclops di Detroit, Medea di Chicago, Raja Midas di Omaha, raksasa Enceladus di Gunung Diablo, para ventus (roh angin), ogre, dan masih banyak lagi. Penyebabnya tidak lain adalah pengkhianatan Khione, dewi salju, dan kebangkitan Gaea (bumi). Dalam misi ini, banyak tokoh yang terlibat diantaranya Glesson Hedge yang merupakan seorang satir, Annabeth, Chiron,Festus, Percy Jackson, Tristan McLean, Mellie, Drew, Rachel, Dylan, Butch, Nyssa, Clarisse, Aeolus, Lupa, Boreas, Thalia, Mitchel, Dionysus, dan masih banyak lagi. Kisah ini berakhir pada keberhasilan Jason dan teman-temannya dalam menyelamatkan Hera dan berhasil membuat Porphyrion melarikan diri entah kemana.

Novel The Lost Hero menawarkan banyak kejutan di setiap peristiwanya. Novel ini menyuguhkan pemaparan, perbedaan, dan sejarah dewa-dewi Romawi dan Yunani Kuno. Novel petualangan ini menampilkan banyak tokoh dengan karakteristik yang beragam serta pemaparan setting lokasi yang mendetail. Apalagi, novel ini dilengkapi dengan ilustrasi menarik pada bagian tertentu sehingga pembaca akan tajam dalam berimajinasi. Selain itu, kalimat dalan novel ini disajikan secara sederhana, penuh dengan humor, aksi-aksi seru, dan cinta sehingga pembaca tidak akan kecewa. Setiap babak atau pergantian tokoh cerita dalam novel ini disajikan secara sistematis sehingga tidak akan mengubah alur imajinasi pembaca. Novel ini mengandung kosakata serta bahasa asing yang dapat memperluas wawasan pembaca. Melalui novel ini, pembaca diajak untuk bisa menerapakan nilai moral yang terkandung di dalamnya, yaitu kerja sama, berani, setia, pantang menyerah, dan menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.
            
Sayangnya, dalam novel The Lost Hero masih terdapat bahasa asing seperti bahasa Latin dan bahasa Perancis yang tidak dicantumkan terjemahannya sehingga kemungkinan besar pembaca akan bertanya-tanya apakah maksud dari kalimat yang disajikan tersebut.
           
Terlepas dari itu semua, novel ini cocok dibaca oleh siswa sekolah menengah hingga jenjang di atasnya karena novel ini penuh mengandung tingkat pengimajinasian yang tinggi dan membutuhkan kesiapan pembaca dalam menghadapi suasana di setiap cerita dan kemauan untuk menyelesaikan bacaan yang memiliki ketebalan 586 halaman.





Author :Ulfah Nur Azizah

SMA Negeri 1 Purworejo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI ASMAUL HUSNA KELAS 10 SEMESTER 1

Laporan Praktikum Kimia Percobaan A2 Penurunan Titik Beku Larutan